F 15 Drama Jepang Terbaik dan Berkesan - galihghungs blog

15 Drama Jepang Terbaik dan Berkesan

Drama Jepang terbaik dinilai salah satunya dengan rating dan share. Banyak drama jepang terbaik yang memiliki dua parameter tersebut. Namun jika dikumpulkan menjadi list 15 drama Jepang terbaik, maka tentu saja akan lain. Kesemuanya adalah drama yang memiliki share dan rating yang luar biasa. Sehingga tidak salah jika drama Jepang yang berikut ini mampu membekas di hati pemirsanya.
Singkat kata singkat cerita, list kali ini berisi tentang deretan drama Jepang rekomended tadi. Tidak hanya listnya saja, namun akan diulas sedikit juga tentang sinopsisnya. Tentunya dengan tidak spoiler ya. Karena kalau spoiler pasti tidak seru. Kalian harus menontonnya sendiri sampai habis. Oke, tanpa banyak membuang waktu lagi, ini dia 15 daftar drama Jepang terbaik yang dijamin keren-keren dan membekas di hatimu. 

1. GTO (Great Theacher Onizuka) 
Sinopsis GTO (Great Theacher Onizuka) : 
GTO adalah darama jepang terbaik yang aslinya berasal dari adaptasi manga berjudul sama. Drama ini merupakan versi live dari anime yang sama-sama larisnya. Bahkan saking tingginya ratng dan sharenya, drama dari GTO sempat dibuat dua kali, yakni pada tahun 1989 dan 2012. Keduanya mendapatkan apresiasi sangat baik dari penontonnya, baik di Jepang maupun diluar Jepang. Kisah yang diangkat dalam drama ini adalah tentang kehidupan Onizuka Ekichi. Dia adalah pengangguran yang mendaftar sebagai guru namun tidak pandai dalam pelajaran sekolah dan pensiunan ketua geng motor.
Kekonyolan hadir dari pribadi Onizuka yang mesum dan juga bertindak konyol. Apalagi dia diharuskan mengajar dan menjadi wali kelas di kelas paling nakal dan kejam di sekolahnya. Kelas itu anti dengan guru, jadi siapa pun yang jadi wali kelasnya akan mengundurkan diri karena setiap hari dikerjai. Singkat kata GTO ini adalah drama Jepang lucu yang menekankan pada motivasi dan juga tanggungjawab guru terhadap siswanya baik di kehidupan sekolah maupun di rumah. Lalu mampukah Onizuka menanggung tanggungjawabnya dan membimbing anak didiknya? Lihat saja dalam darama serinya. 

2. Dragon Zakura
Sinopsis Dragon Zakura :
Masih sama dengan Onizuka, kali ini ada Sakuragi yang merupakan pengacara yang selalu sepi job. Hingga kondisi keuangannya memprihatinkan, maka setiap ada pekerjaan dia iya kan saja. Sampai akhirnya dia menerima pekerjaan untuk mengurus badan hukum untuk sekolah yang akan bangkrut. Sekolah itu terancam ditutup karena sepi murid yang mendaftar. Maklum saja nilai rata-rata anakdari sekolah itu hanya 4 sedangkan sekolah unggulan di sampingnya nilai rata-ratanya 7.

Mulailah Sakuragi membuat kelas belajar ekstensif yang beranggotakan 5 orang. Dia berjanji akan membawa kelima orang tersebut menembua Todai (Tokyo University), kampus prestisius di Jepang. Jadi jika ada murid yang masuk ke sana, maka orang tua murid akan mendaftar di sana. Akhirnya dikumpulkanlah 5 orang murid termasuk Yousuke. Mereka belajar di bawah sistem dewa pelajaran (God Study) dari kelima guru Sakuragi sewaktu muda. Mampukah dalam waktu 3 bulan 5 orang itu lulus ujian Todai? Cek selengkapnya di drama Jepang Dragon Zakura. 

3. Gokusen
Sinopsis Gokusen :
Kalau yang satu ini juga bercerita tentang kehidupan sekolah, yakni sekolah SMK di Jepang. Semua muridnya adalah laki-laki yang kalian tahu sendirilah gimana. Suatu saat si tokoh utama Yamaguchi Kumiko a.k.a Yankumi mendaftar di sekolah tersebut, dan kebetulan diberi bagian di kelas paling nakal. Yankumi yang seorang perempuan menunjukkan sikap lemah lembut, padahal dia adalah seorang cucu Yakuza dan jago bela diri. Tapi karena latarbelakang keluarganya itulah, dia menyembunyikan identitasnya. Kekonyolan terjadi saat dia bersama muridnya menghadapi berbagai masalah. Mulai dari disiplin, masalah keluarga, bahkan sampai masalah dengan sekolah.

Lalu yang paling lucu juga dia harus tetap merahasiakan identitasnya dari semua orang, termasuk polisi yang dicintainya. Karena musuh terbesar Yakuza adalah polisi. Jadi dia tetap berusaha terlihat anggun tetapi berbeda ketika dirumah dia seperti Oujo (putri pewaris tahta Yakuza dari kakeknya). Meski begitu dia tetaplah ingin mejadi guru dan bukan Yakuza. Lalu mampukah dia menyimpan rahasianya dan tetap sebagai guru? Apakah dia berhasil menikah degan polisi itu? Hanya ending drama Jepang terbaik ini yang akan menjawabnya.

 4. Mr. Brain
Sinopsis Mr. Brain :
Drama Jepang terbaik yang satu ini enyajikan cerita yang luar biasa bagus. Ide dasar ceritanya adalah kehidupan seorang detektif yang bekerja dengan cara yang unik. Dia memanfaatkan kecerdasan otaknya yang genius untuk mengungkap kasus demi kasus. Kasus-kasu yang dipecahkannya adalah kasus berat dan kasus yang melibatkan tingkat penjahat yang tinggi. Uniknya adalah dia mempunyai pembawaan yang konyol dan kocak. Bahkan kadang melakukan hal-hal yang aneh bin ajaib. Sampai-sampai asistenya yang seorang magang dibuat kuwalahan dengan kekonyolannya.

Namun meski begitu, banyak kasus sulit yang terbukti selesai di tangannya. Sampai di kasus paling besar ada di beberapa episode terakhirnya. Sang Mr. Brain pun sampai tersudutkan. Meskipun begitu dia tetap memaksa otaknya bekerja keras meski resikonya adalah kerusakan otak parah. Mampukah sang Mr. Brain menemukan titik temu dari kasus besar tersebut? Ataukah justru dia yang terpojokkan dan kalah? Drama Jepang lucu yang satu ini punya jawabannya.

 5. Ghost Writer
Sinopsis Ghost Writer :
Apakah kamu suka menulis dan ingin menerbitkan bukumu? Rasanya Ghost Writer ini adalah drama Jepang terbaik yang cocok denganmu. Sebab isi dari ceritanya tentang dua orang penulis yang berbeda kepribadian dan level. Satu seorang penulis best seller yang angkuh, sedangkan satunya adalah penulis pemula yang pemalu dan rendah diri. Keduanya bertemu dan dipertemukan sebagai boss dan asisten yang nantinya berkembang sebagai penulis dan ghost writernya.

Penulis best seller itu kehilangan kemampuan menulisnya sehingga beberapa karyanya ditulis oleh penulis hantu tersebut. Karena beberapa keadaan, maka timbullah konflik yang membuat mereka berpisah dan saling menjatuhkan. Padahal dalang dari konflik itu adalah sang editor dari sang penulis best seller. Sampai akhirnya si ghost writer menerbitkan novel perdana dan seterusnya namun tetap di cap ghost writer. Dia merasa ada yang kurang di hidupnya setelah bersolo karair. Apa yang selanjutnya dilakukannya? Apa tetap bersolo, kembali pada bossnya, ataukah menciptakan karya berdua untuk menjatuhkan editornya? Lihat saja mulai awal sampai habis, kamu akan mendapati akhir yang twist. 

6. Hana Yori Dango
Sinopsis Hana Yori Dango :
Drama Jepang ini tergolong unik, dia termasuk drama Jepang lucu juga sekaligus drama Jepang romantis. Namun yang jelas, daram seri ini termasuk dalam drama Jepang terbaik dengan rating dan share sangat bagus. Kisah yang diambil sebagai latar ceritanya adalah kehidupan remaja yang terdiri dari 4 orang laki-laki super keren. Mereka adalah pujaan wanita, namun ada salah satu leadernya yang sombong nan angkuh. Dia menganggap semua orang tidak selevel degan dia.

Konflik dan kelucuannya mulai hadir ketika ada seorang gadis lugu dan polos yang tanpa sengaja masuk ke gen mereka. Dia awalnya dibenci oleh sang leader dan jatuh cinta pada salah satu dai anggota geng itu. Namun tanpa disadari pula, si sombong dan angkuh jatuh cinta pada gadis itu. Sehingga sampai suatu saat dia dihadapkan pada pilihan yang sulit. Nah, kira-kira ending drama Jepang romantis ini bagaimana, ya? Supaya tidak spoiler, mending kamu tonton sendiri deh. 

7. Galileo
Sinopsis Galileo :
Kalau bicara soal drama Jepang satu ini, kita akan teringat dengan Mr. Brain. Ya, memang genrenya sama, yakni drama Jepang misteri detektif gitu. Bedanya kalau yang satu ini memecahkan kasusnya pakai matematika. Nah lo, gimana coba, pembunuhan diusut pakai matematika? Penasarankan? Kenapa tidak dicoba ditonton dulu. Dijamin seru kok, kalau tidak percaya, sekilas sinopsisnya begini.

Ada seorang pemuda yang ahli dibidang matematika dan juga fisika. Dia adalah lulusan terbaik yang diakui oleh dunia akademis di Jepang. Suatu ketika dia diminta untuk memecahkan kasus yang mirip puzzle dengan teka-teki berat. Bahkan pada puncaknya, kasus yang dihadapinya justru sangat berat. Sampai-sampai dia memutuskan untuk mengerahkan semua kemampuannya. Kira-kira berhasilkah dia memecahkan kasus besar ini? 

8. Iryu: Team Medical Dragon
Sinopsis Iryu: Team Medical Dragon :
Drama ini bercerita tentang teknik kedokteran bernama “BATISTA”. Teknik memotong sebagian jantung yang besar dan dijahit lagi untuk menyelamatkan nyawa orang. Tokoh utama dari drama Jepang terbaik ini adalah lulusan NGO (organisasi medis Jepang) yang mempunyai ide seperti itu. Masalahnya ini de baru di Jepang, tentu mendapat pertentangan. Bahkan didunia, “BATISTA” sendiri baru dilakukan oleh satu orang dokter saja di Brazil. Maka dia keluar dari NGO dan menjadi dokter di sebuah rumah sakit. Dia mengumpulkan orang-orang terbaik dibidang pembedahan.

Namun orang-orang itu punya kepribadian yang penuh masalah. Sehingga butuh di kendalika satu persatu. Sampai akhirnya operasi akan dilakukan untuk pertama kali. Namun salah satu dari mereka justru membocorkan “BATISTA” ini pada rumah sakit di utara Tokyo dan mengklaim sudah melakukannya lebih dulu. Namun sang tokoh utama tetap melaksanakannya pada bayi dan bay itu selamat. Kemudian si pengkhianat sadar bahwa dia yang bersalah harus pergi dari Meishin. Sampai akhirnya dia tertabrak dan mengalami kecelakaan parah pada jantungnya. Bagaiamana selanjutnya dan apa yang dilakukan teman-temannya? Saksikan di episode-episode drama seri ini ya. 

9. Kekkon Dekinai Otoko
Sinopsis Kekkon Dekinai Otoko :
Secara terjemahan, judul drama ini adalah “laki-laki yang tidak bisa menikah”. Jadi inti dari kisah drama jepang terbaik ini tentang seorang llelaki yang bekerja sebagai seorang arsitek handal. Meskipun dia mapan, namun sampai usia 40 tahun dia tetap belum menikah juga. Sebab dia memiliki kepribadian yang egois dan ceplas-ceplos. Bahkan tak segan mengatakan hal-hal yang sebenarnya tidak pantas. Karena kepribadiannya itulah dia dijauhi oleh wanita-wanita disekitarnya.

Meski begitu, ada tiga wanita disekitarnya, yakni sang asisten, tetangganya, dan dokter cantik yang single yang ditemuinya saat merancang rumah sakit tersebut. Ternyata sang arsitek jatuh hati pada sang dokter canti itu. Kisah drama jepang romantis lucu ini dimulai di sana. Apakah dia berhasil mendapatkan sang dokter? Atau justru terjadi cinta segitiga yang rumit disana? Kalau begitu siapa yang dipilihnya? Jawaban lengkapnya ada di drama yang sangat keren ini. 

10. Kindaichi Shounen No Jikenbo
Sinopsis Kindaichi Shounen No Jikenbo :
Salah satu drama Jepang terbaik dari genre misteri adalah dram satu ini. Ide ceritanya cuku simpel, yakni tentang seorang anak sekolah yang memiliki kesulitan belajar. Karena itulah dia tak kunjung naik kelas dan lulus sekolah. Hingga akhirnya sahabatnya menyuruh sang tokoh utama ini menimba ilmu di salah satu skolah swasta. Sekolah swasta ini memiliki peraturan yang ketat, sehingga banyak yang sukses di sana. Akhirnya dia pindah kesana dan mendaftar sebagi murid sah di sekolah itu.

Dia yang dikenal bodoh itu ternyata malah dihadapkan pada kasus pembunuhan ganjil yang terjadi di sana. Awalnya dia cuek, tapi lama-kelamaan dia seperti terpanggil untuk memecahkannya. Sebab polisi saja tidak sanggup memecahkannya. Ternyata itu adalah kasus ciptaan si penjahat jenius. Lantas apakah dia mampu memecahkan kasus tersebut? Lalu bagaimanakah dengan studinya di sekolah itu? Endingnya akan membuat kamu merasa tersentak. 

11. My Boss My Hero
Sinopsis My Boss My Hero :
Masih dari tema Yakuza, kali ini adalah kebalikan dari Gokusen. Sang tokoh utama adalah seorang anak boss Yakuza yang sangat ingin menjadi penerus ayahnya. Namun karena dia hanya lulusan SD, maka keinginan itu tidak bisa dikabulkannya. Jadi syarat untuk menjadi boss adalah dia harus lulus dari SMA. Maka dia yang telah berusia 27 tahun menyamar sebagai siwa SMA berusia 17 tahun. Karena teman ayahnya adalah kepala sekolah itu, maka dia diperbolehkan menimba ilmu disana dengan syarat identitasnya tidak terbongkar.

Dari sinilah drama Jepang lucu ini memunculkan adegan-adegan konyol. Bahkan sampai mengocok perut penontonnya. Dari darama ini kita akan belajar sesuatu yang tak kalah dari pelajaran di sekolah untuk lulus. Tetapi juga pelajaran hidup yang amat banyak. Jadi pastikan kamu nonton satu per satu dari episode drama jepang terbaik ini. Karena drama yang seperti ini tergolong langka dan mungkin hanya satu-satunya.\

12. Nodame Cantabile
Sinopsis Nodame Cantabile :
Jadi kalau dari tadi drama Jepang terbaik nya seputar kehidupan sehari-hari atau percintaan, kali ini agak beda. Kisah dari drama ini adalah kehidupan dua anak yang mengambil studi musik. Satu tokoh adalah anak lelaki dari orang terkaya di jepang, yang sesungguhnya tidak suka masuk di kelas piano, dia justru suka menjadi konduktor. Sedangkan satunya adalah gadis biasa yang sangat suka bermain piano tapi malas dan belum serius disana. Sampai akhirnya mereka bertemu di kelas yang sama.

Singkat kata singkat cerita, nantinya si anak laki-laki itu yang membukakan mata si gadis. Bahwa mulai sekarang dia harus lebis serius di bakatnya itu. Karena bakat seperti itu tidak seharusnya disia-siakan. Maka selanjutnya mereka merencanakan sesuatu yang habat. Bagaimanakah kelanjutan dari kisah pertemuan dua naka yang mencintai musik ini? Pastinya seru dan menyajikan akhir yang wow. Jadi kamu harus nonoton dramanya. 

13. Proposal Daisakusen
Sinopsis Proposal Daisakusen :
Ini satu lagi keunikan datang dari ide cerita drama jepang terbaik. Kisah cinta seorang Ken yang pemalu dan rendah diri serta rei yang merupakan gadis teman masa kecilnya. Mereka berdua menghabiskan waktu bersama sejak kecil sampai dewasa. Ketidak mampuan Ken mengungkapkan cintanya pada Rei berujung penyesalan. Sampai tiba akhirnya dia diundang ke pernikahan Rei dan melihat slide perjalanan ppertemuan kedua memalei samai menikah.

Pada saat dia melihatnya, muncul keinginan kalau saja dia bisa kembali ke masa lalu, dia akan memperjuangkan cintanya. Maka muncullah peri berpakaian tentara kerajaan inggris yang akan mengabulkan permintaannya. Namun syaratnya harus diberi imbalan udang berbalut tepung. Maka akhirnya dia berhasil kembali ke masa lalu mulai SMA sampai kuliah. Mampukah Ken merubah masa depannya bersama Rei? Mampukah dia menaklukkan kelemahannya? Jangan hanya penasaran, tonton langsug dramanya. 

14. Shiroi Haru
Sinopsis Shiroi Haru :
Yakuza masih menjadi tren latarbelakang cerita dlam darama Jepang. Salah satunya adalah di drama Jepang terbaik ini. Tokoh utamanya adalah Haruo seorang mantan yakuza yang ditangkap 9 tahun lalu. Dia tertangkap tangan mencuri uang untuk membiayai pacarnya Mariko yang telah lama sakit. Namun naasnya ketika dia keluar dari penjara, ternyata Mariko telah tiada. Dia diberitahu temannya tentang itu. Sebelum meninggal, Mariko sempat menikah dengan laki-laki pengusaha kue dan diketahui mempunyai anak perempuan bernama Sachi.

Haruo yang marah mendengarnya ingin segera mendatangi si engusaha kue tersebut. Sampai disana dia bertemu seorang anak kecil bernama Sach itu. Kemudian sang anak berlari ke taman dan dikejar oleh Haruo. Dari sanalah akan terungkap satu per satu cerita tentang Sachi, Mariko, Pengusaha roti itu dan cerita-cerita yang ternyata amat mengejutkan. Kamu harus tonton sampai habis pokoknya, luar biasa drama yang satu ini. 

15. The Quiz Show
Sinopsis The Quiz Show :
Drama Jepang terbaik ini berkisah tentang seorang yang dihadapkan pada kenyataan yang amat sulit. Dimana dia ingin melupakan masa lalu nya yang sangat ingin dibuang jauh. Namun justru ketika dia mengikuti salah satu kuis, masa lalunya satu persatu menjadi teringat kembali. Satu persatu kontestan di sana mengakui masa lalu mereka, termasuk kejahatan dan perilaku kriminal yang diperbuat mereka di masa lalu. Sampai tibalah pada kontestan yang misterius.

Awalnya program acara ini ditujukan untuk mewujudkan mimi kontestannya jika dapat menjawab 8 pertanyaan. Pertanyaan tersebut tentang masa lalu mereka. Sang kontestan misterius ini berencana membongkar masa lalu si pembawa acara yang merupakan tokoh utama. Dia seperti mempunyai kepribadian ganda, berbeda di atas panggun maupun di ruang isolasi. Nah, siapakah sebenarnya si pembawa acara tersebut? Lalu siapakah si kontestan misterius?

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar