Sekilas

Jumat, 07 Oktober 2016

Masih suka di php in dosen karena sms ga dibales, mungkin caranya yg salah

Setelah lama ga buka facebook jadi bingung mau ngapain, akhirnya baca-baca ga jelas sampai akhirnya menemukan percakapan dosen yang tersenyum-senyum akan perilaku mahasiswanya jika mengirim sms (short message service). Lalu, tadi pagi saya mengirim sms juga pada seorang dosen yang memang ingin saya temui, dan Alhamdulillah beliau membalas cepat sekali dan bisa bertemu saya sebelum ia mulai menghadiri seminar.

Ternyata eh ternyata seminar yang dihadiri dosen saya tadi itu merupakan seminar mengenai pekerti. Kembali lagi pada topik awal mengenai sms, terkadang mahasiswa jaman sekarang kurang mengerti apa itu peruntukan teks messaging dan bagaimana etika penyampaiannya, sehingga pekerti yang ditampilakn cenderung memaksa (walaupun kadang saya juga seperti itu). Bahkan sebelumnya pernah viral juga mengenai foto di salahsatu universitas yang mencantumkan stand banner bertuliskan bagaimana cara meng sms dosen yang baik dan bener, sungguh lucu bahwa kita dikenal sebagai bangsa yang luhur budi pekertinya tapi mahasiswanya harus diajarkan akan apa itu pekerti.
Meski demikian, ada sejumlah mahasiswa yang ternyata kurang memahami tata cara mengirim pesan yang baik dan benar kepada dosen. Mahasiswa tipe ini biasanya cenderung asal mengirim SMS, menggunakan bahasa yang kurang sopan, serta tidak langsung pada inti tujuannya cenderung basa-basi padahal fungsi sms ialah (short text message).
Tapi bukan lah sebuah pembelajaran jika yang salah tetap dibiarkan salah, berikut ada beberapa contoh teks sms yang di postkan dari brillo.net:

1. Be gentle
 
Mungkin maksud yang kamu utarakan memang jelas dan langsung pada inti keperluan, tapi usahakan tetap ada etika dalam berbicara, mahasiswa bukan lah seorang siswa lagi sehingga selesainkanlah masalah secara dewasa, bisa dengan cara bertemu dan berbicara langsung.

2. Introduce yourself
Percakapan diatas mungkin tidak akan terjadi jika sebelumnya dosen kamu sudah men-save nomor kamu atau kamu baru saja menggunakan nomor yang lain untuk menghubunginya. Usahakan jika ini pertama kalinya kamu meng-sms dosenmu atau menggunakan nomor baru perkenalkan nama kamu, fakultas, dan angkatan serta keperluan mu, sehingga tidak terlalu bertele-tele seperti perckapan diatas. Beruntung jika dosen kamu sabar untuk membalas chat kamu, jika ia tipe dosen yang membalas lama maka chat kamu berhenti di ucapan pertama saja.

3. Salah alamat

Dosen tipe ini seperti yang disebutkan sebelumnya diatas klo tipe dosen yang membalas lama, tapi kamu ga perlu khawatir juga dengan dosen sepeti ini bahkan lebih parah jika kamu salah kirim sms dan isinya membicarakan dosen mu. bisa panjang urusannya bahkan mungkin SUSAH LULUS


Kamu bisa saja sudah akrab dengan dosenmu bahkan jika dosennya adalah dosen muda, bisa bercanda atau ketawa bersama...tapi tetap posisikan bahwa dirimu sebagai murid dan guru bukan berarti harus ada batasan namun perlu adanya etika dan sopan santun, beruntung jika iu dibaca olehnya nah apabila dibaca orang lain?
Terkadang banyak mahasiswa yang memposisikan diri bahwa dosen yang perlu kita, sehingga memaksa untuk harus bertemu kita jika kita butuh. Di percakapan yang saya baca di FB bahkan dosen nya lucu membalas si mahasiswa yang ingin bertemu beliau dengan teks "Ya bertemu saya 15 menit lagi di ruangan saya."
eh lantas si mahasiswa membalas saya masih dikostan maaf bu, jadi ini siapa yang butuh



Mungkin jika kamu masih merasa bingung bisa diikuti format ini, hehe
Jika format dan etika sms sudah benar tapi belum dibalas juga, mungkin karena dosennya memang benar-benar sedang sibuk. Selain itu, kenali juga sifat dosennya, karena berdasarkan pengalaman menjadi koordinator kelas dan juga mahasiswa tingkat akhir ada beberapa sifat dosen yang unik.
Ada dosen yang tidak mau disms atau ditelpon, itu pernah dialami teman saya, sehingga dia nunggu setiap hari utk bertemu dosennya. Ada juga dosen yang bisa disms pada jam-jam tertentu, memang tidak semua seperti itu tapi ya seharusnya kita mengerti jika mengsms pada jam tidur ataupun jam beribadah. Atau ada juga dosen yang membalas SMS-nya lama dan terkadang membalas sms jika ia memang sudah benar2 punya waktu luang untuk bertemu kita.
Semoga dengan beberapa cara diatas dan mengenali karakter dosen membuatmu semakin mudah dalam hal urusan perkuliahan, terutama bagi mahasiswa akhir yang memerlukan intens dalam bimbingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Galihghung
2009 - 2016