Sekilas

Senin, 04 April 2016

Perpindahan panas secara konduksi, konveksi, dan radiasi.

Dalam pelajaran IPA atau SAINS, kita pasti akan bertemu dengan yang satu ini, yaitu Perpindahan Panas. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan perpindahan panas?
Dan apa pula yang disebut dengan Konveksi, Radiasi dan Konduksi?
 
 
 
Yuk kita jawab pertanyaan ini satu persatu.
 
Tahukah kita bahwa ternyata panas dapat berpindah atau mengalir?
Ya, Panas berpindah dari tempat atau benda yang bersuhu tinggi ke tempat atau benda yang bersuhu rendah.
Baiklah, kita lanjutkan pembahasan perpindahan panas. Ada tiga macam atau jenis Perpindahan Panas, yaitu Konveksi, Radiasi dan Konduksi.

Pengertian konduksi adalah peristiwa merambatnya kalor secara langsung melalui perantara tanpa disertai dengan berpindahnya zat perantara tersebut. Contoh konduksi adalah saat kita memanaskan besi maka ujung besi ikut panas. Contoh lainnya adalah pada saat kita membuat teh atau kopi panas, sendok yang untuk mengaduk juga akan ikut panas.

Pengertian konveksi adalah peristiwa merambatnya kalor yang disertai dengan berpindahnya zat perantara tersebut. Contoh konveksi adalah pada saat kita memasak air. Pada bagian air akan panas dahulu kemudian air yang sudah panas akan naik lemudian digantikan dengan air yang masih kurang panas yang letaknya di bagian atas yang sudah panas.

Pengertian radiasi adalah peristiwa perpindahan kalor secara tidak langsung tanpa disertai dengan zat perantara. Contoh radiasi adalah panas sinar matahari yang sampai ke bumi, pada saat kita berada di dekat api unggun akan terasa hangat.
Gambar diatas semoga bisa menjadi ilustrasi berikut pemahaman teman-teman mengenai proses perpindahan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Galihghung
2009 - 2016