F Corrupted file & How to prevent it - galihghungs blog

Corrupted file & How to prevent it

 

Saat mencoba membuka salah satu file, bukannya terbuka malah muncul nofitikasi bahwa file tersebut ‘corrupted’ alias rusak. SpAcer pernah mengalaminya?

‘Corrupted files’ adalah file yang sudah tidak dapat bekerja kembali karena rusak. Jika terjadi pada file word atau gambar milikmu, yang akan terjadi adalah file tersebut tidak dapat dibuka.

Suatu file biasanya jarang rusak. Namun, jika akhirnya suatu file rusak, kemungkinan besar ada sesuatu yang salah terjadi ketika file tersebut sedang dalam proses disimpan ke dalam laptop. Misalnya saat sedang menyimpan, program yang menyimpan file tersebut berhenti bekerja atau mungkin laptop kamu mati saat file sedang bekerja. Mencabut flash disk berisi file tanpa melakukan safely remove hardware juga dapat membuat file rusak lho spAcer. Makanya kamu harus berhati-hati ya.

Agar file-file kamu tidak rusak, yang kamu lakukan tentu saja menghindari penyebab file rusak. Misalnya jika aliran listrik rumahmu tidak stabil sehingga laptop terkadang mati karena listrik turun, pasanglah UPS saat memakai laptop. Selain itu, jangan mencabut flash disk jika masih ada file yang diakses oleh flash disk. Mematikan paksa laptop misalnya dengan mencabut baterai juga tidak boleh dilakukan jika kamu ingin file-file mu tetap aman dan tidak rusak.

Jika menemukan file yang rusak, ada dua cara yang bisa kamu lakukan: menghapus file tersebut atau memperbaikinya. Kenapa menghapus file? Karena sebagian besar file yang rusak tidak dapat diperbaiki. Memang ada beberapa program yang disediakan untuk memperbaiki atau setidaknya menyelamatkan data yang ada di dalam file yang rusak. Kamu dapat mencari program-program seperti ini di internet.

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar