F Cara Merubah Format Flashdisk exFAT ke FAT32 (100% Berhasil) - galihghungs blog

Cara Merubah Format Flashdisk exFAT ke FAT32 (100% Berhasil)

Apakah kalian ingin tahu Cara Merubah Format Flashdisk exFAT ke FAT32 atau NTFS? atau kalian mempunyai masalah yang sama dengan saya, yaitu flashdisk merk Toshiba dengan kapasitas 64GB yang telah saya beli beberapa waktu lalu dengan harga yang cukup murah tidak bisa di format dengan system FAT32 di windows 7. Melainkan hanya ada dua opsi format, yakni exFAT dan NTFS.

exFAT ini setelah saya cari di situs wikipedia memiliki arti (singkatan dari Extended File Allocation Table, atau seringkali salah disebut sebagai FAT64) adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash. Sistem berkas ini pertama kali dibuat oleh Microsoft untuk perangkat-perangkat benam di dalam Windows Embedded CE 6.0 dan Windows Vista Service Pack 1. Diperkenalkan pada bulan November 2006, sistem berkas ini dapat digunakan sebagai alternatif dari sistem berkas NTFS, karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif lebih besar ketimbang exFAT.

Alasan kenapa saya memerlukan format FAT32 adalah karena sistem tv android yang saya miliki belum kompatibel atau mendukung format NTFS, sehingga mau tidak mau saya memerlukan format NTFS sedangkan flashdisk yang saya miliki memiliki kapasitas yang lebih besar yakni 64 GB yang meiliki format NTFS, sehingga saya diharuskan memformat ulang flashdisknya, namun hal ini tidak bisa dilakukan dengan cara format biasa (klik kanan pilih quick format)

Dengan rasa penasaran kenapa flashdisk ini tidak bisa di format sesuai yang diinginkan, akhirnya cara mencari referensi dari situs indo dan luar negeri dan menemukan caranya yang sudah saya terjemahkan dari situs www.easeus.com. Nah, untuk kalian yang ingin tahu cara merubah format flasdisk exFAT ke FAT32 langsung saja simak tutorial berikut ini :

Cara Merubah Format Flashdisk exFAT ke FAT32 :

  1. Pertama, download dulu EaseUS Partition Master dengan kunjungi link berikut ini.
  2. Jika suda, silahkan instal program sampai selesai dan klik icon dua kali untuk membuka softwarenya.
    EaseUS Partition Master
  3. Kemudian colokkan flashdisk ke laptop dan temukan nama flashdisk beserta kapasitasnya.


  4. Lalu klik kanan dan pilih Format


  1. Kemudian, isikan Partition Label dengan nama bebas, dan File System pilih FAT32, Cluster Size pilih 32 KB.
  1. Lalu jika muncul “The data on the target partition will be erased” silahkan klik OK
  1. Setelah itu klik tulisan Execute 1 Operation pada tab yang saya kasihkan panah hitam.


  2. Kemudian akan muncul Pending Operations dan klik saja tombol Apply.


  1. Setelah itu tunggu Operation Progess menunjukkan 100% sukses dan klik Finish.


  2. Kemudian masuk Windows Explorer dan klik kanan pada flashdisk, alhasil FAT32 Sukses.

Nah itulah yang bisa saya tuliskan dari judul artikel cara merubah format flashdisk exFAT ke FAT32, masukkan komentar kalian dikolom komentar dibawah artikel jika dirasa tutorial diatas sangat bermanfaat, terimakasih banyak.

CONVERSATION

4 comments:

  1. MANTULLLL 👍👍👍👍😁

    BalasHapus
  2. Berkualitas ilmunya sangat bermanfaat trims semoga makin banyak rezekinya aamiin

    BalasHapus
  3. Terima kasih ilmunya, sangat membantu 🙏🙏

    BalasHapus