F Arti Lagu Terjemahan "Bukan Cinta Biasa" - galihghungs blog

Arti Lagu Terjemahan "Bukan Cinta Biasa"


Lagu berjudul Bukan Cinta Biasa yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Malaysia Siti Nurhaliza."Bukan Cinta Biasa" merupakan lagu yang diciptakan oleh seorang pencipta lagu asal Indonesia yaitu Dewiq. Lagu ini menjadi hits di album Siti Nurhaliza yang berjdul Album E.M.A.S dan menjadi album terlaris dari Siti Nurhaliza sepanjang karier menyanyinya, yang terjual hingga lebih dari 200 ribu copy.

Lagu yang familiar dengan lirik 'Cintaku Bukan di atas kertas, cintaku getaran yang sama' ini penuh dengan syarat makna dan menggetarkan hati para pendengar dan tren di masanya bahkan membuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia boleh dibilang bisa dipersatukan oleh Lagu.

Siti Nurhaliza - Bukan Cinta Biasa

Begitu banyak cerita
Ada suka ada duka
Cinta yang ingin ku tulis
Bukanlah cinta biasa

Disini mengkisahkan kisah cinta si penulis bahwa banyak dalam sebuah kisah cinta tidak selalu dibumbui dengan rasa suka saja namun adapula duka. Di bait selanjutnya si penulis mengatakan sebuah harapan bahwa apa yang ingin ia inginkan bukanlah cinta yang biasa, cinta yang tulus, dan cinta yang tak akan berakhir dengan duka, yang digambarkan di lirik ini adalah si penulis baru saja patah hati karena putus cinta dan berharap ingin move on

Dua keyakinan beda
Masalah pun tak sama
Ku tak ingin dia ragu
Mengapa mereka selalu bertanya

Berkisah mengenai hubungannya bahwa lumrah jika dalam suatu hubungan adanya perbedaan, menyatukan dua kepala, dua individu tidaklah mudah. Masalah setiap hubungan atau pasangan tak selalu sama. terkadang mudah memberikan pendapat terhadap orang lain sedangkan hubungan sendiri sulit untuk dimengerti.

Di bait selanjutnya si penulis mengatakan bahwa ia tak ingin si pasangannya/pasangan selanjutnya (jika move on) ragu akan hubungannya selama ini dan masih perlu diyakinkan bahwa ini adalah jalan yang mereka pilih (entah disni ingin menuju ke jenjang yang lebih serius/pernikahan/ atau keputusan untuk berpisah) dan si penulis risih akan keadaan sekitar yang selalu bertanya kapan nikah?

yang jomblo pasti merasakan setiap ada acara keluarga/lebaran/kondangan pasti ditanyain kapan nikah?kapan nyusul?mana pasangannya?

Cintaku bukan di atas kertas
Cintaku getaran yang sama
Tak perlu di paksa
Tak perlu di cari
Kerna ku yakin ada jawabnya…

Disini si penulis mengaskan bahwa cintanya bukan hanya sekedar butuh omongan saja atau hanya sah dan sebatas di akta nikah saja. Suatu cinta perlu suatu getaran yang sama, keterikatan hati dan perasaan satu sama lain tanpa sebuah paksaan dan tak perlu alasan. Karena cinta akan tumbuh sendirinya tak perlu dicaripun akan menampakan sendiri bagaimana cinta itu ada. Penegasan bahwa si penulis sudah lelah dengan cinta monyet, atau masa pendekatan yang penuh dengan kepalsuan, kembali lagi bahwa yang diinginkan penulisa adalah "Bukan Cinta Biasa"

Andai ku bisa merubah semua
Hingga tiada orang terluka
Tapi tak mungkin
Ku tak berdaya
Hanya yakin menunggu
Jawabnya

Harapan dan Takdir terkadang tak sejalan dengan apa yang diinginkan. Bentuk pasrah si penulis terhadap yang maha kuasa bahwa ada ketidakmampuan ia untuk merubah segalanya. Kekecewaan atas bentuk harapan yang tak tercapai sehingga tidak perlu ada siapapun yang tersakiti. bentuk rasa sayang yang hebat bukan hanya sebatas memiliki namun mampu untuk merelakan.

Kembali lagi pada ketidakmampuan si penulis bahwa ia hanya bisa berdoa dan berharap sampai menunggu jawaban yang Maha Kuasa. 

Janji terikat setia
Masa merubah segala
Mungkin dia kan berlalu
Ku tak mahu mereka tertawa

Mengkisahkan hubungan sebelumnya (janji terikat setia) yang berakhir putus atau tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Waktu merubah segalanya, perlahan ketidakcocokan akan terlihat dan semakin perbedaan itu semakin besar maka hubungan menjadi semakin renggang dan mengakibatkan percekcokan. Tapi si penulis mengatakan bahwa hubungan kita ya hubungan kita (penulis berusaha tegar) dan kalau hubungannya berakhir ya sudah karena piring yang pecah jika diperbaikipun akan tetap ada retakan .Walaupun sebelumnya ia penuh suka namun jika hubungan itu berakhir maka semuanya akan sirna dan berlalu. Ketika hubungan berakhir tidak perlu semua orang tahu dan ketika mereka tahu terkadang hanya akan menertawakan dan mencibir tanpa memberikan solusi.

Diriku hanya insan biasa
Miliki naluri yang sama
Tak ingin berpaling
Tak ingin berganti
Jiwa ku sering saja berkata

Penulis kembali digambarkan kecewa disini bahwa ia cuma manusia biasa (sebelumnya digambarkan tegar) bahwa ia pun sebenarnya ingin mencintai dan dicintai, tak ingin hubungannya berakhir dan mencari yang lain lagi (karena jujur terkadang ada yang rela bertahan walaupun sakit, bukan karena mereka kuat tapi mencari orang lain lagi dan memulai kembali dari awal berkenalan, saling mengenal itu sulit). Walaupun kenyataannya bibir berkata tidak, namun hati masih menaruh harapan, dan dalamnya hati manusia tidak ada yang pernah tahu (bahkan banyak yang sudah menikah dengan pasangan baru namun hati mereka masih teringat pada mantan terindah nya)

Andai ku mampu ulang semula
Ku pasti tiada yang curiga
Kasih kan hadir
Tiada terduga
Hanya yakin menunggu
Jawaban

Pengharapan penulis akan bisa kembali ke masa lalu dan mengulang semuanya kembali ke awal, memperbaiki segalanya tanpa ada rasa curiga, cemburu dan amarah mungkin hubungannya tidak akan berakhir.

namun Ia percaya bahwa suatu saat nanti akan hadir orang spesial, kekasih yang tak diduga datang. Hanya perlu menunggu jawaban atas doa-doa dan harapan yang diungkapkan.

Mba Dewiq sebagai penulis lagu ini benar-benar bisa memainkan perasaan naik-turun si subjek dalam lagunya dan datuk Siti Nurhaliza menyanyikannya mampu menggetarkan hati pendengarnya.

Kombinasi yang klop dari lagu dan suaranya, bisa menggambarkan sosok rapuh yang mencoba tegar untuk menemukan sebuah cinta yang "Bukan Cinta Biasa".

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar