F Kelas Bisnis Online: Perkenalan - galihghungs blog

Kelas Bisnis Online: Perkenalan

Saya diundang di grup ini untuk sharing masalah Shopee.

Perkenalkan, nama saya Hilmy.

Jika teman2 mau berkunjung ke fb saya, bisa diakses di link fb.com/hilmyzuhil
Kalau tidak bisa kirim pertemanan, boleh follow dulu.
Channel youtube saya bisa teman-teman subscribe di link ini https://www.youtube.com/channel/UC7YomGiGxKWRUGIo1X-iLuQ
Banyak ilmu yang saya videokan. Teman-teman boleh tonton dulu, gratis.

Jika mau kepoin shopee saya boleh lihat di link shopee.co.id/hilmyzuhil

Saya bukan dari manajemen shopee ya teman2. Saya dan Training yang akan teman-teman ikuti nanti tidak ada kaitannya dengan kampus shopee. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa saya adalah seller biasa yang ingin Sharing di grup ini agar teman2 juga bisa tahu ilmunya untuk jualan juga di Shopee 😊🙏

Oh iya. Sebelum terjadi kesalahpahaman, saya jelaskan dulu beberapa hal.

Waktu saya disini terbatas, dan materi yang akan dibahas juga terbatas.
Artinya kelas ini hanya kelas tester untuk mengetahui apa saja yang akan dibahas di kelas berbayarnya nanti.

Utk itu, jika teman2 ingin tahu ilmunya secara lengkap, nanti akan ada kelas khusus lagi setelah kelas ini. Nanti kita akan belajar secara intensif dengan modul dan tugas.

Wah kayak sekolah saja ya, ada tugas segala 😄

Baik. Saya awali dari pertanyaan sederhana:
Sudah punya aplikasi shopee di smartphone masing2?

Mayoritas dari kita sudah punya lah ya, walaupun cuma dibuat beli2. Hehehe...
Atau malah cuma diinstal tapi nggak buat akun.
Ada nggak? Hayo ngaku saja 🤣


Sejak kemunculan pertamanya, shopee ini mengambil perhatian banyak orang.
Bagaimana tidak, shopee menggembar-gemborkan gratis ongkir kepada penggunanya. Walaupun kebijakan gratis ongkir ini berubah-ubah. Tapi siapa sih yang nggak mau belanja barang, ongkirnya ditanggung orang? Hehehe...

Kata orang, jualan di marketplace itu banting-bantingan harga. Betul tidak ya?
Sebenarnya pernyataan ini tidak benar 100% ya... karna kita bisa jualan laris di shopee asal kuncinya cuma 3. Yaitu OPTIMASI, OPTIMASI DAN OPTIMASI

Lalu bagaimana caranya kita optimasi toko shopee kita? Ada banyak trik dan tips. Di antaranya:
1. Username
2. Membuat akun
3. Nama toko & Nama produk
4. Foto produk
5. Desain toko
6. Deskripsi toko
7. Deskripsi produk
8. Slider toko
9. Diskon
10. Voucher
11. Follower
12. Teknik penjualan
13. Teknik follow up
14. Aktivasi Gratis ongkir
15. Dan masih banyak lagi

Ketika anda membuat akun di shopee, pasti akan diminta untuk bikin username kan?

Biasanya kita suka asal bikin username ini. Atau kebanyakan pakai nama pribadi. Parahnya nama pribadi yang dilebay-lebaykan...

Misalnya yoelichayank. Ada juga yang buat usernamenya kepanjangan. Misalnya andrionlineshopmurahlengkapsurabaya

Ada yang seperti itu??

Username harusnya jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek agar mudah diingat. Jangan sampai orang mencari username toko kita, eh malah nyasar ke toko orang lain.

Bikin username ini ada triknya... Supaya ketika calon buyer mencari produk yang kita jual, langsung muncul nama toko kita.

Membuat username ini nggak bisa asal-asalan. Harus dipikir matang. Ngga bisa sembarangan

Saya berikan tips membuat username. Simak baik2 😊

Pertama, pastikan username mudah diingat.
Kedua, sebisa mungkin mewakili produk yg kita buat seperti menambahkan kata olshop, store, pusat, grosir, murah, craft, handmade, fashion, dll.
Ketiga, disarankan pakai 2 sampai 3 kata. Misal bajuanakmurah, atau dipisah dengan titik, misal baju.anak.murah
Keempat, pastikan username mudah diingat, jangan sampai pakai nama alay, misalnya 4nn15@oLs0pph. Nah itu gimana ngingatnya yak?  😄


Misalnya saya jualan sarung instan anak dengan brand Ezarkids.

Jadi ketika ada orang yang mengetikkan kata sarung instan anak, maka nama toko saya yang keluar

Begitu pula ketika orang mengetikkan nama brand ezarkids maka nama toko saya yang akan muncul.

Nah. Itu materi singkat tentang username.
Baik. Kita lanjutkan materi kedua yaitu membuat akun. Bagi teman2 yang sudah punya toko, materi ini mungkin sangat dasar ya. Tapi bagi teman2 yang baru mau jualan di shopee, membuat akun adalah langkah awal yang penting dilakukan dalam berjualan di shopee.
Untuk membuat akun, pastikan teman-teman sudah Download aplikasi shopee di playstore. Setelah itu install sampai selesai.
Kemudian masuk ke aplikasi shopee, klik menu saya, dan klik daftar.


Saya sarankan teman-teman mendaftar pakai nomer hp agar bisa mengatur usernamenya. Tapi perlu diingat bahwa apabila kita pernah mendaftarkan nomer hp sebelumnya, maka tidak bisa didaftarkan lagi. Pastikan nomer yang didaftarkan selalu aktif karena notifikasi dikirimkan melalui sms.

 Sebenarnya kita bisa mendaftar dengan menggunakan email atau akun Facebook, tapi kita tidak bisa mengatur Username karena alamat email atau link Facebook akan menjadi Username kita. Dan teman teman juga perlu hati hati dalam membuat Username karna Username yang sudah dipakai maka tidak bisa dipakai lagi.

Nah, itu sedikit penjelasan tentang username, yang juga berdampak pada optimalnya nama toko dan nama produk.
Tapi sekali lagi, itu hanya penjelasan singkatnya saja.

cukup sekian dulu yak... Jangan banyak-banyak. Entar mabok 😝
Sedikit, tapi sangat ngefek ke toko kita.

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar