F Pencatatan (Recording) - galihghungs blog

Pencatatan (Recording)



Recording adalah suatu usaha yang dikerjakan oleh peternak untuk mencatat gagal atau berhasilnya suatu usaha peternakan. Di bidang usaha peternakan program ini diterapkan hampir pada semua sektor usaha ternak mulai ternak unggas (layer, broiler, penetasan), ternak potong (sapi perah, sapi potong, kambing dan domba), dan aneka ternak seperti kelinci dan lainnya. Mengingat manfaat dan pentingnya program ini maka perlu kami mengangkat masalah ini walaupun sudah ada tulisan yang serupa. Kami berharap artikel kami bisa menjadi bahan pelengkap dari artikel yang sudah ada.
Banyak faktor yang menentukan keberhasilan usaha peternakan. Faktor tersebut kalau dikelompokkan akan mengerucut menjadi tiga faktor utama yaitu faktor pakan, bibit dan manajemen pemeliharaan (lingkungan). Faktor bibit, pakan, dan manajemen pemeliharaan, semuanya saling terkait mendukung keberhasilan usaha sehingga tidak bisa mengabaikan salah satunya. Dan cukup menjadi salah satu cermin manajemen yang baik adalah adanya catatan produksi baik catatan produksi harian atau bulanan yang tertib.
Apa saja yang perlu dilakukan dalam pencatatan? Dalam usaha peternakan banyak sekali komponen recording yang harusnya mendapat perhatian antara lain : jumlah populasi, jumlah pemberian pakan, jumlah produksi harian yang dihasilkan, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, tingkat kematian (mortalitas) ternak yang dipelihara, penyakit yang menyerang, riwayat kesehatan (medical record), obat yang dibutuhkan, vaksinasi yang dibutuhkan dan masih banyak lainnya. Sehingga semakin banyak pencatatan yang dilakukan akan semakin baik manajemen usaha yang di jalankan

Pencatatan yang cukup penting dilakukan
  1. Populasi.
Mengetahui jumlah total individu ternak yang dipelihara sangatlah penting. Mengetahui jumlah total populasi akan mempengaruhi 3 faktor manajemen. Pada praktiknya jumlah populasi akan berimbas pada pengobatan, pemberian pakan, vaksin dan vitamin. Jumlah populasi harus selalu di up to date, karena kesalahan populasi tentu saja merusak performan (bobot badan dan produksi telur), kesalahan pengobatan, pemberian pakan, vaksin dan vitamin (bisa kekurangan atau kelebihan) sehingga memunculkan kerugian lain seperti resistensi penyakit hingga pertumbuhan yang tidak seragam.
  1. Mortalitas
Jumlah individu yang mati, afkir atau hilang harus selalu dicatat, karena setiap ada penyusutan dalam jumlah tertentu maka peternak akan mengubah program pemberian pakan yang disesuaikan dengan jumlah populasi yang terakhir. Setiap jumlah deplesi juga akan menjadi kontrol kesehatan karena bisa jadi penyusutan yang terjadi karena serangan penyakit yang menyebabkan mortalitas ayam.
  1. Berat badan.
Data berat badan penting untuk ditampilkan menginngat secara kontinyu berpengaruh terhadap performans ayam dan kualitas pakan.
  1. Program dan jumlah pemberian pakan.
Data ini juga perlu mendapat tempat dalam recording. Data ini menjadi sarana untuk keberhasilan program pemberian pakan dan mengetahui jumlah pakan yang diberikan untuk menjaga ketersediaan stok di gudang pakan.
  1. Water intake.
Jumlah air yang dikonsumsi sangat penting untuk mengevaluasi status kesehatan ayam dan suhu udara kandang. Data konsumsi air juga penting untuk mengetahui tingkat kebocoran pipa untuk mendistribusi air minum.
  1. Produksi telur.
Untuk ayam yang telah bertelur, data mengenai jumlah telur  yang diproduksi harian, maupun mingguan menjadi penting. Hal ini guna menjadi penentu keberhasilan manajemen pemeliharaan. Bila telur tersebut untuk ditetaskan lagi, perlu ditambah recording jumlah telur yang menetas, jumlah telur dead in shell – nya, jumlah telur kosong dan jumlah telur yang tidak layak untuk ditetaskan.
  1. Riwayat ksehatan (medical record).
Mungkin seringkali banyak peternak lupa membuat recording ini. Padahal recording kesehatan justru yang vital karena diperlukan untuk melakukan dengan tepat kapan melakukan vaksinasi, pemberian obat, mengontrol sirkulasi obat, vaksin dan barang penunjang kesehatan yang lain.
  1. Stok barang.
Stok barang bisa berarti adalah stok pakan. Vaksin, vitamin, obat atau bahan lainnya yang digunakan oleh peternak untuk menunjang produksi. Kontrol stok barang yang ketat akan meminimalkan “kebocoran” karena penyelewengan stok dan menjaga ketersediaan barang untuk kelangsungan pemeliharaan.


Kegunaan recording dimaksudkan untuk:
1.      Mengetahui jumlah populasi akhir. Ini perlu karena bagaimanapun letak keuntungan ditentukan oleh jumlah populasi akhir. Dengan diketahuinya populasi akhir kita juga akan mengetahui jumlah ternak yang mati, hilang, dan sebagainya selama masa pemeliharaan
2.      Untuk bahan pertimbangan dalam penilaian tata laksana yang sedang dilaksanakan. Seperti tingkat pertambahan berat badan (PBB), Feed Consumtion Rate (FCR), jumlah produksi, kesehatan ternak
3.      Sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan sehari-hari
4.      Sebagai langkah awal dalam menyusun rencana jangka panjang
5.      Bagi pemerintah berguna untuk penyusunan kebijakan dalam bidang peternakan seperti apakah diperlukan import untuk pemenuhan kebutuhan sehingga produksi tetap seimbang
6.      Mempermudah peternak melakukan evaluasi, mengontrol dan memprediksi tingkat keberhasilan usaha
7.      Bagi perguruan tinggi data recording bisa sebagai bahan penelitian

Di negara berkembang recording belum banyak di lakukan karena beberapa hal :
1.      Rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh peternak
2.      Kurangnya perhatian peternak terhadap sistem recording
3.      Sedikitnya jumlah ternak yang dimiliki oleh peternak
4.      Belum menjalankan program pemuliaan ternak

Recording yang baik adalah recording yang data-datanya dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dipercaya serta selalu aktual tiap hari. Recording akan mempermudah membuat keputusan yang tepat untuk program selanjutnya.

Sumber:
Admin. 2013. Pentingnya Rekording / Sistem Pencatatan Pada Usaha Peternakan . [Online. pentingnya-rekording-sistem-pencatatan.html.http://bp3kmandirancan.blogspot.com. (diakses 23 November 2014, jam 22:00 WIB)
Lauren, D. A. 2013. Pengertian Recording. [Online]. pengertian-recording.html. Tersedia di: http://c31120204.blogspot.com. (diakses 23 November 2014, jam 22:00 WIB)

Medion. 2010. Berhasil atau atau tidakkah pemeliharaan broiler anda. [Online]. index.php/artikel/broiler/tata-laksana... Tersedia di: http://info.medion.co.id/ (diakses 23 November 2014, jam 22:00 WIB)

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar