Sekilas

Kamis, 13 Februari 2014

Install Windows menggunakan flashdisk

Cara yang lebih gampang untuk nginstall windows 8 menggunakan USB flashdisk, yaitu dengan menggunakan program Rufus...
Cerita ini saya alami ketika saya ingin menginstall ulang laptop teman dari win 7 64 bit ke win 8 32 bit...
Karena hanya punya mentahannya saja dalam format .iso dan gak mau ribet buat beli lagi DVD cmn buat install ulang...akhirnya minta bantuan google dan dapet dr salah satu artikel yg nganjurin pake rufus...
dan well exactly work 100%....


Langsung aja ya...nih langkah-langkah untuk membuat usb flashdisk supaya dapat digunakan untuk menginstall windows 8 menggunakan tool Rufus :

  1. Pertama, Colokkan dulu USB flashdisk ke komputer kemudaian format, jika tedapat file-file penting lakukanlah backup file atau diamankan dulu dech.
  2. Setelah itu Download dan jalankan program rufus (rufus_v1.4.3.exe) dengan pilihan centang hak akses administrator (untuk windows vista dan windows 7)
  3. Pilih Usb flashdisk, pilih file sistem yang akan digunakan (FAT 32/NTFS), centang mode Quick format, “Create a bootable disk using: MS-DOS” dan juga “Create extended label and icon files”


4.    Klik kanan pada gambar ikon drive kecil disamping pilihan “Create a bootable disk using”, lalu cari file ISO windows 8 berada.
5.    Selanjutnya, klik tombol “Start”, maka akan memulai mentransfer dari file iso windows 8 kedalam USB flashdisk, jika prosesnya sudah selesai maka USB flashdisk sudah bisa dipakai untuk Install windows 8 seperti layaknya mengguanakan media CD/DVD.





Catatan:

  • Kalo masih ada ruang kosong pada flasdisk, flasdisk bisa digunakan untuk menyimpan data/ file tapi supaya windows 8 yang ada di flasdisk tadi ga ilang jangan diformat atau dihapus file-file yang udah adanya. 
  • Untuk nginstall Windows 8 lewat USB Flasdisk Pastiin dulu settingan BIOS dikomputernya, dimana prioritas boot pertamanya diatur ke USB Flashdisk.
  • Pada laptop untuk masuk BIOS, biasanya harus lewat restart terlebih dahulu...
  • Biasanya laptop menggunakan settingan (DEL,F2,F4) untuk masuk BIOS, tapi ada beberapa laptop yang settingan masuk BIOSnya berbeda (mohon dicermati lagi)

1 komentar:

Designed By Galihghung
2009 - 2016