Sekilas

Senin, 26 Agustus 2013

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat

Di Indonesia begitu banyak masalah mengenai kesehatan yang harus dihadapi oleh masyaraktnya. Masalah-masalah tersebut bisa berupa penyakit-penyakit yang diderita oleh masyarakat Indonesia. Salah satu contohnya seperti penyakit demam berdarah, penyakit ini biasanya diakibatkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Keadaan lingkungan yang tidak sehat seperti ini diakibatkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai bagaimana cara hidup yang sehat.

Dengan adanya fakta diatas seharusnya ada tindakan yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sebagai mahasiswa yang memiliki ilmu lebih seharusnya bisa membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan mengamalkan ilmunya kepada masyarakat di sekitarnya. Banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat sekitar. Salah satunya dengan memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara hidup sehat. Mahasiswa bisa mendatangi daerah-daerah yang dirasa kurang memiliki pengetahuan lebih tentang bagaimana cara hidup sehat, kemudian mahasiswa bisa membuat kegiatan penyuluhan di daerah tersebut.

Memberi penyuluhan tidak hanya sekedar datang menemui masyarakat dan berbicara di depan masyarakat mengenai apa yang akan disampaikan saja. Melainkan dalam memberi penyuluhan kita harus memiliki metode-metode yang akan digunakan, gunanya agar apa yang kita sampaikan dapat diterima oleh masyarakat sekitar. Masyarakat Indonesia memiliki sifat, watak, dan karakter yang berbeda-beda, sehingga kita tidak bisa begitu saja memberi penyuluhan dan memaksa masyarakat menerima apa yang kita sampaikan.
 
Terdapat banyak metode dalam memberikan penyuluhan yang bisa dipilih seperti: metode ceramah (menyampaikan suatu ide, pengetian atau pesan kepada sekelompok sasaran sehingga memperoleh informasi), metde diskusi kelompok (pembicaraan dengan mendiskusikan suatu topik yang dipimpin oleh ketua diskusi), metode curah pendapat (pemecahan masalah dengan setiap anggoota mengusulkan pendapatnya), metode panel (pembicaraan yang direncanakan di depan peserta mengenai suatu topik), metode bermain peran (memerankan sebuah situasi dalam kehidupan manusia dengan tanpa diadakan latihan), metode demonstrasi (menunjukkan pengertiaan, ide, atau prosedur dengan menggunakan alat peraga), metode simposium (ceramah yang diberikan oleh 2 sampai 5 orang dengan topik yang berlebihan tetapi saling berhubungan erat), metode seminar (sekelompok orang yang membahas suatu masalah dengan dipimpin oleh seseorang yang ahli dalam bidangnya). Dengan menggunakan metode-metode tersebut sesuai dengan kondisi yang ada diharapkan dapat membantu mempermudah mahasiswa dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Dengan adanya penyuluhan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat diharapkan tercapainya tujuan yaitu adanya perubahan prilaku pada individu, keluarga.dan masyarakat untuk hidup lebih sehat sesuai dengan konsep hidup sehat baik secara mental, fisik maupun sosial sehingga dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian.

Selain memberikan penyuluhan, yang lebih penting untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesehatan yaitu dengan terjun langsung ke dalam masalah tersebut. Contohnya pada masalah demam berdarah, mahasiswa dapat mencontohkan kepada masyarakat dengan menjadi jumantik. Jumantik adalah orang yang diberi tugas untuk memantau jentik dari rumah ke rumah. Dengan menjadi jumantik, mahasiswa dapat mencontohkan kepada masyrakat bagaimana cara memantau jentik dan bagaimana cara membasminya, sehingga masyarakat juga dapat ikut serta menjadi jumantik untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah.

Jadi, sebagai mahasiswa yang memiliki rasa peduli kepada masyarakat harus melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Seperti yang telah dipaparkarkan sebelumnya, melakukan hal yang bermanfaat untuk masyarakat bisa seperti memberikan penyuluhan dengan menggunakan cara yang benar sehingga dapat diterima oleh masyarakat atau dengan turun langsung berperan dalam menangangi masalah yang ada sehingga masyarakat bisa mencontoh apa yang kita lakukan.
Esensi penugasan: melatih berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dalam lingkungan perkuliahan.

Daftar Pustaka
Fisioterapi Makassar. 2013. Langkah-Langkah Penyuluhan Masyarakat. (http://www.fisioterapimakassar.info/langkah-langkah-penyuluhan-kesehatan.html, diakses tanggal 7 Agustus 2013)
Risal, Muhammad. 2013. Artikel Kesehatan Masyarakat. (http://www.artikelbagus.com/2012/04/artikel-kesehatan-masyarakat.html, diakses tanggal 7 Agustus 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Galihghung
2009 - 2016