F Kenal Lebih Dekat RAM dan VGA - galihghungs blog

Kenal Lebih Dekat RAM dan VGA

spAcer pasti pernah bertanya-tanya seperti : apakah laptop Acer saya bisa lebih cepat? Apakah laptop saya memungkinkan untuk main game? Kedua pertanyaan tersebut sebenarnya berkaitan erat dengan yang namanya RAM & VGA.

Di dalam sebuah notebook dan netbook, keberadaaan RAM dan VGA tentunya sangat penting. VGA memiliki fungsi utama  memproses segala yang berhubungan dengan grafis atau tampilanVGA akan memproses sinyal tampilan dari sistem operasi (Windows, Linux ,etc) dan menampilkannya di layar laptop kita. Sedangkan RAM berguna untuk menyimpan data atau instruksi untuk melakukan sebuah tugas (task). Data dan instruksi yang tersimpan di RAM ini nantinya dapat diakses oleh prosesor laptop kita

Agar tidak terjadi salah pengertian, berikut informasi yang perlu kamu ketahui :

VGA

  1. Q: Memori VGA pada laptop Acer saya bisa diganti atau diupgrade?
    A: VGA tidak dapat diupgrade ataupun diganti, karena VGA pada produk Acer menggunakan chipset VGA Onboard
  2. Q: Memori VGA shared dengan RAM, apakah itu berarti jika saya tambah memori RAM, memori VGA otomatis bertambah?
    A: Untuk VGA yang menggunakan shared memory, memorinya memang akan diambil dari sebagian kapasitas RAM dari sistem yang tersedia. Besarnya shared memory ini ditentukan secara otomatis berdasarkan spesifikasi dari pabrikan. Biasanya dengan menambahkan jumlah RAM pada laptop, maka memory VGA juga akan ikut bertambah.
  3. Q: Dimana saya bisa mendapatkan driver untuk VGA yang cocok dengan tipe notebook/netbook saya?
    A: Anda dapat mendownload VGA sesuai dengan tipe notebook/netbook dengan masuk ke www.acer.co.id dan masuk ke menu Service & Support >> Download Center.
  4. Q: Di dalam menu download center pada www.acer.co.id , meski sudah memasukkan tipe notebook, namun tetap ada pilihan beberapa merek VGA, yang mana yang paling cocok untuk notebook saya?
    A: Untuk mengetahui VGA tipe apa yang cocok, di menu download Center ini, setelah memasukkan tipe notebook Anda, Anda dapat mendownload Hardware Vendor Detection dengan cara mengklik huruf ‘i’ setelah tulisan “Need to know the hardware on your system to choose the right drivers? ” Anda akan mendapatkan saran, VGA merek apa yang cocok dengan notebook Anda.
  5. Q: Berapa memori VGA yang ada di laptop saya?
    A: Untuk melihat besarnya memori VGA, Anda dapat melihat spesifikasi notebook Anda di www.acer.co.id
  6. Q: Saya sudah mencari di www.acer.co.id tapi ternyata tidak ada driver VGA yang sesuai, bagaimana ini?
    A: Untuk beberapa tipe notebook yang Acer keluarkan, Acer memang hanya mensupport driver untuk OS tertentu. Jika memang OS tersebut tidak disupport oleh Acer, Anda dapat mencari VGA yang cocok di toko langganan Anda atau website resmi vendor VGA tersebut (misalnya dari website intel), atau Anda juga bisa mencari lewat google.
  7. Q: Saya ingin memainkan game online tertentu, padahal spesifikasi VGAnya mencukupi, tapi kenapa tampilannya tetap tidak lancar?
    A: Masing-masing game, khususnya yang cukup berat, memiliki minimum system requirement. Jika laptop Anda dapat memenuhi minimum system requirement yang diperlukan oleh game, maka game akan berjalan lancar, jadi tidak bisa dilihat dari spesifikasi VGAnya saja, tapi juga hal-hal lainnya.
  8. Q: Saat mengecek spesifikasi VGA laptop saya, ada tulisan “dedicated system memory” itu maksudnya apa ya?
    A: “Dedicated System Memory” maksudnya VGA sudah memiliki memori sendiri, tidak share dengan memori utama.

RAM

  1. Q: RAM laptop saya bisa diupgrade atau tidak? kalau bisa hingga kapasitas berapa?
    A: RAM bisa diupgrade, untuk mengetahui sampai seberapa besar RAM dapat diupgrade, Anda bisa cek di www.acer.co.id .
  2. Q: Dimana saya dapat mengupgrade RAM?
    A: Anda dapat membawa unit Anda ke ACSC terdekat untuk mengupgrade RAM.
  3. Q:  RAM saya termasuk tipe dual channel atau single channel ya?
    A: Untuk spesifikasi RAM yang lengkap dapat dilihat di www.acer.co.id .
  4. Q: Sebenarnya apa efek yang akan saya dapatkan jika saya mengupgrade RAM?
    A: Upgrade RAM nantinya akan berefek pada proses system yang menjadi lebih cepat.
  5. Q: Bagaimana dengan masalah garansi jika saya mengupgrade RAM?
    A: Jika upgrade RAM dilakukan di ACSC/P, garansi tetap berlaku. Jika upgrade RAM bukan dilakukan di ACSC/P, garansi untuk RAM tidak berlaku lagi. Jadi jika terjadi kerusakan pada unit yang disebabkan penggantian RAM yang bukan dilakukan di ACSC/P tersebut, maka garansi untuk unit menjadi tidak berlaku.
  6. Q: RAM saya sebenarnya 1024Mb tapi kenapa yang terbaca malah hanya 766Mb saja?
    A: Penjelasannya, secara system memang unit memiliki memory 1024 MB, tetapi pada pelaksanaannya memory tersebut di share dengan VGA untuk digunakan sebagai memory VGA. Sehingga yang terbaca oleh Windows adalah 766 MB.

sumber : www.acer.co.id .

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar