F Membuat Penomeran Halaman yang berbeda di MS-Word 2007 - galihghungs blog

Membuat Penomeran Halaman yang berbeda di MS-Word 2007

Kalau anda sering bekerja dengan menggunakan MS-Word tentu sering berhubungan dengan dokumen yang lebih dari 1 halaman misal skripsi, tesis atau yang lainnya. Dan masalah yang sering anda temui adalah membuat penomeran halaman misal bab I dengan halaman 1 dan letaknya ada di bawah tengah, halaman selanjutnya ada disebelah kanan atas dan seterusnya tiap bab penomerannya ada di bawah.
Kalau dulu yang saya lakukan adalah dengan pengaturan manual, misalnya mencetak dahulu bab pertama dengan nomor dibawah, selanjutnya mencetak lagi halaman dengan nomor disebelah kanan atas, saya berfikir bagaimana ya caranya supaya penomeran bisa dibuat otomatis
?? kemudian saya cari di google ada sih tapi kebanyakan untuk Word 2003, akhirnya saya uthek-uthek (bhs malang) atau di coba, akhirnya kemarin malam saya temukan caranya dan akhirnya langsung saya tulis disini.
 
 
Contoh diatas bisa anda terapkan sendiri pada dokumen anda, saya yakin anda sering mengalami masalah penomeran ini dengan ini anda tidak akan pusing lagi masalah penomeran. Cara membuat penomeran seperti contoh diatas adalah :
  1. Siapkan terlebih dahulu dokumen yang akan dibuat penomeran
  2. Misal halaman 1 adalah cover, maka tidak ada nomer halamannya, agar penomeran mulai halaman ke 2, letakkan kursor pada akhir cover pilih page layout|Break|Next Page.
  3. Berikan halaman misal halaman i, caranya tekan insert|Page Number à pilih lokasi halaman misal bawah tengah.
  4. Atur halaman dengan format page number
  5. Selesai, halaman i sampai ii telah dibuat
Selanjutnya adalah membuat halaman pada BAB I misal halaman 1 berada di bawah tengah, dan halaman 2 berada disebelah kanan atas.
Cara untuk membuatnya adalah :
  1. Sebelum ke bab I, arahkan mouse pointer ke kata yang terakhir di halaman ii, lakukan seperti cara yang diatas.
  2. Bedanya pada pengaturan halaman rubah Number Format menjadi 1, 2, 3, pada Page numbering berikan isian 1 pada start at

  3. Klik OK
  4. Untuk membuat halaman 2 letaknya disebelah kanan atas caranya adalah klik pada awal kata halaman 2 kemudian tekan page layout|Break|Continous.
  5. Atur kembali halaman dan mulai dari angka 2
  6. Klik OK, maka halaman akan muncul di kanan atas.
Langkah belum selesai !!
Jika sudah diatur seperti diatas pasti akan ada nomer halaman yang ganda misal pada halaman 2 terletak di kanan atas dan di bawah tengah juga akan ada halaman 2, supaya tidak muncul caranya adalah klik 2x pada halaman yang tidak kita inginkan kemunculannya, tekan Design à Link to Previous, gunanya agar halaman 2 tidak ada kelanjutannya dengan halaman pertama.

Gunakan juga untuk halaman diatasnya yang terdapat halaman dengan nomer ganda, lanjutkan pengaturan untuk dokumen anda dan semoga berhasil.
Jika anda belum mengerti coba baca sekali lagi tulisan saya dan langsung praktekkan, jika belum juga paham boleh kok email saya disini, atau Chat YM disini.
Semoga tulisan saya ini berguna bagi kita semua, mohon saran-sarannya kalau ada kekurangannya.
Terimakasih !!!

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar