F Tips Agar Aspire 4740 Milikmu Makin Mantap: [Step 3] Upgrade BIOS – Jalankan Program - galihghungs blog

Tips Agar Aspire 4740 Milikmu Makin Mantap: [Step 3] Upgrade BIOS – Jalankan Program

 

Setiap pemilik notebook pasti menginkan notebooknya bekerja dengan performa yang baik. SpAcers pemilik Acer Aspire 4740 tentu tidak terkecuali kan? Untuk menghasilkan notebook berkinerja dan performa yang tinggi, spAcer bisa mengupdate BIOS. Untuk mengupdate BIOS, maka spAcer harus terlebih dahulu mendownload dan mengekstrak file yang dibutuhkan. Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan cara Unduh Program dan Extract Filenya. Setelah selesai mendownload dan mengekstrak file BIOS, langkah selanjutnya untuk mengupdate BIOS Aspire 4740 (dengan OS Win7) adalah sebagai berikut:

  • Pasang baterai dan adaptor pada notebook.
  • Kemudian bukalah folder BIOS_Acer_1.09_A_A(folder yang sudah diekstrak). Di dalam folder ini akan ada folder dengan nama “BIOS_Acer_1.09_Windows” bukalah folder ini.

  • Didalam folder tersebut ada beberapa folder dan file, pilihlah dan buka folder “Windows”

  • Di dalam folder “Windows” ini, ada file dengan nama “Winflash_V109”, jalankan file ini dengan cara meng-kliknya dua kali.

  • Akan muncul sebuah jendela baru, pada jendela ini klik “Start”.

  • Tunggu sampai muncul jendela peringatan yang bertuliskan “CAUTION: Please DO NOT Remove AC source!!”. Jika jendela ini sudah keluar, klik “OK” untuk melanjutkan proses

  • Proses akan berlangsung selama beberapa waktu, tunggulah sampai proses selesai. Jangan sekali-kali mematikan notebook atau mencabut baterai/adaptor ketika proses Update ini sedang berlangsung. Jika, proses up date ini telah selesai, notebook akan restart dengan sendirinya.

Catatan untuk pengguna OS Windows XP

Buat spAcer yang memakai Aspire 4740 dengan OS Windows XP, setelah proses up date selesai, ada step lain yang harus dilakukan. SpAcers harus merubah SATA Mode menjadi IDE. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  • Ketika notebook menyala dan sudah muncul logo Acer, tekan F2 untuk masuk ke dalam menu BIOS Setup.
  • Setelah masuk ke dalam menu BIOS Setup, pilihlah tab “Main”
  • Pilihlah tulisan “SATA Mode” dengan cara menekan tombol panah kebawah hingga sampai di tulisan “SATA Mode”. Setelah itu tekan Enter.
  • Akan muncul tulisan “AHCI Mode” dan “IDE Mode”. Pilihlah “IDE Mode dengan menekan tombol panah ke bawah. Setelah itu tekan F10, kemudian pilih “[Yes]” untuk menyimpan konfigurasi yang telah kita buat tadi.

Jika proses ini telah selesai, maka BIOS Aspire 4740 telah sukses diupdate. Tidak terlalu sulit bukan? spAcer bisa melakukannya sendiri di rumah.

Tapi tolong diingat, dalam mengupgrade BIOS, penting untuk menjalankan setiap langkah secara hati-hati. Karena jika saat mengupgrade BIOS ada kesalahan, dampaknya fatal terhadap motherboard notebook kita. Jadi, untuk spAcers pastikan kamu ikuti langkah-langkah di atas dan jika kamu ragu, bisa minta tolong pada teman/kerabat yang lebih ahli. Kamu juga bisa membawa notebook ke Acer Customer Service Center terdekat untuk melakukan upgrade BIOS ini dengan berbayar.

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar