F Cara Menyimpan File di Mediafire - galihghungs blog

Cara Menyimpan File di Mediafire

Cara Menyimpan File di Mediafire.com

Bagi Anda yang telah memiliki web atau blog dan ingin berbagi file dengan pengunjung (visitor), ada cara sederhana untuk membuat hyperlink yang mengarah ke file yang telah disimpan. Dalam tulisan ini akan saya berikan contoh membut link download di web atau blog Anda tanpa membebani space hosting domain web atau blog yang Anda miliki.
1. Silakan buka www.mediafire.com dan sign up jika Anda belum punya account di sana.
2. Jika sudah punya account lakukan login ke account Anda tersebut. Ingat bahwa username yang dipakai adalah nama email yang telah Anda masukkan sebelumnya saat sign up.
3. Siapkan file yang akan diupload. Di sini mediafire menyediakan fasilitas pembuatan folder baru (new folder) dimana Anda dapat menyimpan file berdasarkan klasifikasi yang Anda tentukan sendiri. Misal untuk file berbentuk gambar bisa Anda simpan dalam folder khusus bernama “Gambar” atau file video di bawah folder bernama “Video”.
4. Berikutnya klik “Upload to this folder” yang berada di sisi kiri atas halaman “My Files”. Akan muncul jendela baru lalu klik kotak bertuliskan “Click Here to Select Files for Upload”. Akan muncul lagi jendela baru “Add Files” lalu klik “Browse”.
5. Cari lokasi file di komputer lokal yang hendak Anda upload. Di sini Anda dapat melakukan upload untuk beberapa file sekaligus tanpa mengulang satu-satu. Setelah file ditemukan, klik “Open”.
6. Berikutnya klik “Continue” dan selanjutnya klik “Begin Upload Files” yang tombolnya berwarna hijau di sebelah kiri bawah jendela.
7. Tunggu sejenak sampai proses upload selesai yaitu jika sudah muncul tulisan “Upload Complete” di sebelah kiri atas jendela.
8. Selesai.
Sampai di sini, file Anda dipastikan sudah berada di mediafire.com dan sewaktu-waktu file tersebut dapat Anda download. Caranya tentu saja dengan login ke account Anda tadi.
Selanjutnya, bagaimana jika Anda ingin berbagi file tersebut dengan pengunjung web atau blog Anda ?. Sudah barang tentu mediafire.com telah menyediakan menu sharing URL dimana link ini dapat di-insert ke web atau blog Anda. Cara menginsertnya pun cukup mudah :
1. Buka web atau blog Anda dan buat tulisan sebagaiman biasa.
2. Jika text editor Anda mendukung fitur WYSWYG maka sebuah kata atau gambar dapat disisipkan hyperlink. Blok dulu kata yang hendak disisipkan hyperlink lalu klik menu hyperlink yang biasanya dapat dijumpai di panel text editor Anda.
3. Buka mediafire.com dimana file Anda tersimpan. Di sebelah nama file terdapat tombol “Share”. Klik tombol tersebut lalu Klik “Copy Link” lalu “Paste” ke kolom insert hyperlink yang ada di web atau blog Anda.
4. Selesai.
Bagaimana jika text editor web atau blog Anda tidak mendukung WYSWYG ?. Jika text editor Anda hanya mendukung tampilan html maka ketikkan script berikut :
<a href=”http://www.mediafire.com/?02jnnzjlozd”>Download di sini</a>
Tampilan di web atau blog Anda akan menjadi begini :
Keterangan :
http://www.mediafire.com/?02jnnzjlozd : tempat dimana file diupload atau disimpan.
Download di sini : kata atau kalimat di web atau blog Anda yang mengandung hyperlink menuju ke file Anda di mediafire.com.

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar